Jumat, 29 Agustus 2008

KIMIA : MATERI dan PERUBAHANNYA

Materi dan Perubahan Materi

A. Pengertian Materi :

Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang (memiliki volume) dan mempunyai massa.

Massa adalah jumlah materi yang besarnya tetap karena tidak dipengaruhi oleh gravitasi bumi

B. Sifat - sifat Materi :
  1. Sifat Ekstensif : merupakan sifat materi yang tergantung pada jumlah atau ukuran materi (Volume, massa)
  2. Sifat Intensif : merupakan sifat materi yang tidak tergantung pada jumlah maupun ukuran materi. Sifat intensif dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • Sifat Fisis : sifat yang berhubungan dengan perubahan fisis materi itu ( warna, bau, kerapatan, titik didih, titik beku, titik leleh/lebur, daya hantar, kemagnetan, kelarutan, kekerasan)
  • Sifat kimia : sifat yang menunjukkan kemampuan suatu zat untuk melakukan reaksi kimia, atau sifat yang menyatakan interaksi antarzat (mudah - tidaknya suatu zat terbakar, kestabilan, kereaktifan, perkaratan)

C. Perubahan Materi

a. Perubahan Fisis : Perubahan suatu materi yang tidak disertai terbentuknya suatu materi baru. Contoh :

  • Menguap dan mengembun
  • Mencair dan membeku
  • Menyublim dan deposisi
  • Melarut dan mengkristal
  • meleleh dan memadat

b. Perubahan Kimia : Perubahan suatu materi yang menghasilkan suatu materi yang menghasilkan materi baru. Contoh :

  • Pembakaran
  • Pembusukan
  • Karat atau korosi
  • Pelapukan

Ciri - ciri yang menyertai perubahan Kimia :

  1. Terjadinya perubahan warna
  2. Terjadinya perubahan suhu
  3. Timbulnya gas
  4. Terjadinya endapan

Selamat Belajar

5 komentar:

Sebastian mengatakan...

forum nya bagus jg pa..
bikin ndiri?
suru org?...
^_^

Deinardy mengatakan...

pa..
bagusin t'rus yah forumnya
t'rus kasi halaman khusus bwat kasi2 p'tanyaan gitu..

Georgiana mengatakan...

PAAAAAAAAAAAA IRWAAAAANNN.....

blognya ada sih menariknya, tapi pa kalo kata aku sih lebih bagus kalo pake gambar contohnyagitu kan jadi lebih lucu ^_~..

pa bener tuh kata si dei, harusnya sediain 1 halaman buat soal latihan gitu kan itung" juga buat belajar... HOHOHO... ^_^...

SELAMAT MEMBUAT SOAL LATIHAN N SOAL MID BUAT KITA YA PA... (pa soal MIDnya jangan susah" ya) hahaha...

Sebastian mengatakan...

pa
minta kisi-kisi buat mid donk...
^_^
post ya

Deviana Aritonang mengatakan...

bagus ci....
tapi qq gx da gambarnya,supaya lebih bagus lebih baik di tambahin gambar